Baca Tips Berikut Untuk Mengembangkan Keahlian Fotografi

69 views

Tips Mengembangkan Keahlian Fotografi – Catatan Sopandi, saat ini hampir setiap orang dapat melakukan fotografi baik itu menggunakan Kamera Digital maupun kamera yang terdapat pada ponsel. Pada dasarnya teknik fotografi menggunakan kamera ponsel sama dengan kamera digital (Dslr, Mirrorless dsb).

Tips Mengembangkan Keahlian Fotografi
Ilustrasi Fotografi

Dengan menguasai dasar segitiga exposure maka kalian bisa melakukan fotografi yang baik hanya dengan menggunakan kamera ponsel. Perbedaan yang paling mencolok antara kamera digital dan ponsel mungkin dari kualitias gambar yang dihasilkan serta feature dan kemampuan untuk menangkap gambar.

Baca Juga : Memahami Segitiga Exposure pada Kamera

Lalu bagaimana cara mengembangkan keahlian fotografi?

Mari kita bahas bersama bagaimana untuk meningkatkan keahlian dalam fotografi baik menggunakan DSLR ataupun Ponsel.

Tips Mengembangkan Keahlian Fotografi

1. Baca Buku Manual.

Pada setiap unit penjualan kamera digital biasanya dilengkapi dengan buku manual untuk masing-masing brand dan type. Jika kalian tidak dapat buku manual saat pembelian unit second, kalian bisa searching di website resminya untuk mendowload manual book dslr berbagai macam bahasa.

Untuk kamera ponsel biasanya pada saat pertama di nyalakan akan terdapat tips dan info yang sudah disediakan oleh system AI kamera.

Manual Book sangat penting untuk dibaca walau terlihat sangat sepele. Dengan membaca manual book kalian bisa lebih mengerti untuk kamera yang kalian gunakan dan dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan pada kamera tersebut.

Kalian akan mudah terbiasa jika sudah mengetahui dari tombol-tombol yang terdapat pada kamera DSLR/Mirrorles. Sehingga dengan mudah untuk menyesuaikannya. Setiap kamera akan sedikit berbeda fungsi dan penempatan tombolnya.

2. Mengikuti Seminar Dasar Fotografi

Saat ini sudah banyak seminar mengenai dasar-dasar fotografi baik yang berbayar maupun yang gratis. Walaupun banyak sekali tutorial yang bisa kalian dapatkan di youtube dan media sosial lainnya namun Seminar Fotografi akan memberikan pengalaman yang berbeda karena kalian bisa langsung praktek dan teori dengan ahlinya.

Selain itu kalian juga bisa berbagi pengalaman dengan para peserta lain. Juga menambahkan relasi dalam dunia fotografi.

3. Mencari Referensi Foto

Mencari referensi foto untuk mendapatkan ciri khas dari foto yang akan dihasilkan. Mungkin pada awalnya bisa meniru beberapa gaya fotografi orang lain sampai nanti pada waktunya akan menemukan sendiri gaya fotografi dan tone warna yang kalian sukai.

Tidaklah sulit dalam mencari referensi foto. Dengan banyaknya media sosial seperti Instagram, Pinterest, Pixoto, Shutterstock dan lainnya. Membuat kamu bisa melihat berbagai macam jenis fotografi mulai dari modeling sampai lanscape.

Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Fotografi

4. Pahami Kamera dan Lensa

Memahami kamera dan lensa yang digunakan juga perlu untuk bisa memaksimalkan keahlian fotografi kalian. Setelah kalian membaca manual book kalian bisa berlatih langsung menggunakan kamera dan lensa yang kalian punya.

Dengan begitu kalian dapat menentukan kebutuhan kamera dan lensa ketika sudah mulai mahir dalam keahlian fotografi. Walaupun sah-sah saja memotret menggunakan lensa apapun. Namun perlu diperhatikan kegunaan dari lensa yang dijual dan akan kalian pakai untuk memaksimalkan hasil foto kalian.

5. Berlatih Memotret dimanapun

Ada kutipan “Bola adalah Teman” pada serial anime tsubatsa. Jadikanlah kutipan tersebut menjadi “Kamera adalah Teman” agar kalian merasa nyaman menggunakan kamera yang kalian miliki. Dengan berlatih memotret dimanapun, kalian bisa membuat indra kepekaan terhadap suatu objek atau lokasi menjadi sebuah foto yang indah dan berkesan.

Masih terdapat banyak sekali Tips Untuk Mengembangkan Keahlian Fotografi kalian. Namun pada 5 tips diatas merupakan yang paling dasar yang perlu kalian ketahui. Jam Terbang serta pengalaman akan menentukan kemana teknik fotografi yang kalian inginkan. 

Sekian tips Mengembangkan Keahlian fotografi yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang menyuki keindahan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.