Jenis Teknik Fotografi yang Kamu Harus Tau !

71 views

Jenis Teknik Fotografi – Catatan Sopandi, saat kita memasuki dunia fotografi membuat kita banyak belajar dan mengetahui bagaimana menghasilkan foto yang bagus dengan momen yang tepat. Banyak teknik dasar fotografi yang bisa membantu kamu menghasilkan gambar yang berkualitas.

Jenis Teknik Fotografi

Berikut ini beberapa Jenis Teknik yang ada dalam Fotografi

Teknik Macro

Macro Fotografi adalah teknik foto yang digunakan untuk memotret dengan jarak yang dekat kepada suatu objek, sehingga objek menjadi terlihat lebih besar. Salah satu contohnya yaitu memotret serangga, maka bagian tubuh serangga yang sangat jarang terlihat detail akan tampak lebih jelas dan besar. Biasanya Mata serangga menjadi objek yang sangat menarik.

Teknik Foto Siluet

Teknik yang dapat menghasilkan foto dengan cara memotret objek yang menutupi cahaya. Dengan bagian objek yang diterangi dari belakang secara total maka objek akan tambah gelap berwarna hitam atau menciptakan siluet saja dari objek tersebut.

Teknik Freezing

Teknik Freezing merupakan teknik foto untuk membekukan gambar atau foto dengan cara memotret dengan kecepatan shutter tinggi pada benda bergerak. Sehingga hasil foto seolah-olah membeku dan lebih tajam.

Teknik Panning

Teknik Panning merupakan foto yang objek utamanya adalah benda bergerak sehingga background menjadi blur. Panning digunakan untuk memberikan kesan gerakan(misalkan maju atau mundur) dari objek tersebut, untuk mendapatkan hasil yang maksimal mengikuti objek maka gunakan shuter speed yang rendah ketika memotret.

Teknik Foto Motion Blur

Motion Blur adalah efek yang timbul karena gerakan objek dalam foto. Efek ini diperoleh dengan menggunakan slow shutter speed  atau biasa disebut kecepatan kamera rendah.

Teknik Tilt-Shift

Teknik Tilt Shift merupakan pergeseran(shift) juga pemiringan(tilt) terhadap lensa, relatif terhadap posisi sensor pada kamera. Dengan teknik ini akan didapatkan manipulasi karena Depht of Field(DoF) dan Wide Curve yang dihasilkan, contohnya hasil foto akan seperti miniatur.

Baca Juga : Tips Untuk Mengembangkan Keahlian Fotografi

Teknik Foto Infrared

Teknik Foto Infrared merupakan teknik untuk merekam cahaya yang oleh mata telanjang tidak dapat dilihat, oleh karena itu diperlukan filter yang mampu menolak hampir semua cahaya spektrum yang terlihat oleh kita dan mengizinkan cahaya inframerah(IR) untuk diteruskan masuk ke sensor kamera, dengan catatan bahwa sensor atau film dalam tersebut harus sensitif terhadap cahaya inframerah.

Teknik Foto Slow and Stop

Slow and stop (shutterrendah) Foto merupakan salah satu teknik terpenting dalam dunia fotografi, terutamadalam bidang lanscape(pemandangan alam). Istilah lain yang sering didengar untuk teknik slow dan stop ini juga disebut Long Exposure.

Teknik Foto Bulb

Bulb adalah nama teknik pengambilan foto khusus yang berfokus pada elemen cahaya yang dihasilkan oleh subjek di foto. Melalui teknik foto bulb, cahaya yang berpijar dan dipancarkan oleh suatu benda bergerak akan terlihat menyatu menjadi semacam lintasan sinar yang sangat keren.

Baca Juga : Konsep Foto menggunakan Kamera Smartphone

Itulah beberapa jenis teknik fotografi yang kamu harus tau. kamu bisa mencoba berbagai teknik fotografi untuk dapat mendaptkan fell fotografi kamu. Selain itu juga kamu mendapatkan ilmu baru ketika mempelajari banyak teknik fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.