Array Multidimensi PHP

By | March 23, 2017
Yeah! akhirnya mimin bisa ngepost lagi nih setelah sekian lama tidak berbagi ilmu. Pada kesempatan kali ini mimin mau berbagi postingan tugas kuliah tentang Array multidimensi pada bahasa PHP. Simak aja tulisan berikut yang mimin kutip dari berbagai sumber.

Array Multidimensi adalah array yang mengandung satu atau beberapa array lain didalamnya atau bisa dikatakan array dalam array. Sehingga kita dapat membuat array dimensi dua maupun array dimensi tiga.

Array Multi Dimensi memiliki lebih dari satu dimensi. Dimensi Array PHP menunjukkan jumlah indikasi yang dibutuhkan untuk menunjuk suatu elemen di dalam Array PHP. Pada Array 2 Dimensi dibutuhkan dua indikasi untuk menunjuk ke suatu elemen di dalam array tersebut. dan pada array 3 dimensi dubutuhkan tiga indikasi. Pada Array 2 Dimensi nilai array juga berupa array. Array 2 Dimensi adalah array dari suatu Array PHP. Array 3 dimensi adalah array di didalam suatu array dari suatu array lainnya.

  • Cara Mendefinisikan Dimensi Array

Misalkan kita memiliki suatu array $Barang() yang elemennya berupa array dari daftar barang seperti berikut ini.
Nama Barang
Stok Saat Ini
Terjual
Pena
10
5
Pensil
6
2
Buku
8
7
Penulisan Array 2 Dimensi untuk data di atas dapat dilakukan dengan cara pengindeksan manual dan looping seperti berikut : 

array, multidimensi, bahasa php, pemrograman web
source array dimensi dua
array, php, multidimensi
output array dimensi dua
Mungkin sekian yang bisa ditulis untuk contoh array multidimensi pada bahasa PHP. Sekiranya dapat membantu sobat yang sedang mencari tentang array multidimensi.

Note : untuk kedepannya mimin menampilkan source code menggunakan screenshot agar sobat bisa menulis ulang dan memahaminya dibanding dengan melakukan copas hehe.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *