Waspada! SMS Menang Undian dari MS Glow itu Penipuan

By | November 22, 2021

SMS Menang Undian dari MS Glow, jumpa lagi sobat blogger di blog Catatan Sopandi. Setelah sebelumnya saya buat artikel mengenai Cara Kerja Scam SMS Penipuan Giveaway kali ini saya akan membahas kembali mengenai SMS Undian dari MS Glow, Kedas Beauty, Pertamina dan lainnya yang serupa.

Pagi ini saya mendapatkan SMS kembali yang menginformasikan bahwa saya memenangkan undian kejutan hadiah give away sebesar 157 juta dari MS Glow.

sms menang undian give away ms glow,

Cek Website SMS Undian MS Glow

Pada sms diatas tertera Kode ID no WA serta website oknum penipu. Disini saya akan mencoba untuk mengecek dan membahas website yang tertera agar teman-teman semua bisa lebih berhati-hati lagi terhadap sms-sms yang mengatasnamakan perusahaan besar.

tampilan website sms penipuan ms glow

Saya mencoba untuk mengunjungi website  yang ada di sms menggunakan Mode Samaran Google Chrome. Setelah saya ketik alamat website yang di sms lalu saya diarahkan ke domain yang berbeda menggunakan platform blog gratisan yaitu blogspot.

Ketika saya scroll kebawah betapa mengejutkannya saya menemukan identitas kartu ID Card dan juga Foto KTP yang di edit, kenapa saya berani bilang itu edit? Karena sangat terlihat jelas foto pada KTP diambil menggunakan foto ID Card.

Karena saya juga bepengalaman di bidang desain saya juga dapat melihat kalo foto ktp tersebut merupakan hasil buatan bukan orisinal. Silakan lihat pada gambar berikut :

penipuan sms undian dari ms glow, kedas, pertamina

Coba perhatikan baik-baik foto diatas merupakan hasil rekayasa yang dilakukan oknum untuk menjerat calon korban dari SMS Undian Kejutan Giveaway MS GLOW.

Selanjutnya mari kita cek No Telp yang tercantum seperti gambar berikut ini :

nomor pernipuan sms ms glow

Pada gambar diatas terdapat 2 kontak yang dapat dihubungi, pertama saya coba cek no WA tersebut namun ternyata no Tersebut bersih atau belum ada yang melapor sebagai spam/penipuan. Saya biasa mengecek no hp menggunakan TrueCaller dari sana kita bisa mengecek no yang menghubungi kita merupakan spam atau bukan.

Baca Juga : Ciri-ciri penipuan berhadiah melalui sms dan whatsapp

Lalu yang sangat mengejutkan ketika saya mengecek no telp kantor menggunakan Search Google ternyata no kantor tersebut digunakan untuk beberapa website penipuan lainnya. Silakan perhatikan gambar berikut :

no telp sms penipuan ms glow

No tersebut digunakan dengan situs yang berbeda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa oknum tersebut merupakan orang yang sama atau organisasi yang sama.

No ID pada SMS Undian Give Away MS GLOW

Lalu bagaimana cara si penipu menjerat korbanya? Sebelumnya saya sudah bahas lengkap disini Cara Kerja SMS Scam atau kalian bisa tonton videonya di channel youtube berikut : 

Sedikit menjelaskan kembali cara pelaku melancarkan aksinya untuk mencejerat korban melalui sms yang dikirimkan menggunakan ID pemenang.

Perlu diperhatikan ini hanya analisis saya dan yang saya cari-cari dari sumber yang pernah mencoba untuk menghubungi oknum tersebut.

Mari kita perhatikan kembali Form yang terdapat di website untuk input no ID seperti berikut :

kode id sms ms glow digunakan untuk penipuan

Sekilas tampak seperti biasa saja. Terdapat 2 kolom untuk menginput kode pin atau pun id yang dikirimkan melaui SMS. Namun mari kita lihat kode belakangnya menggunakan Inspect Element yang terdapat di google chrome caranya cukup klik kanan kemudian pilih inspect .

cara mengecek no id dan pin sms dari ms glow, kedas beauty dan pertamina

Disitu ketika kita arahkan kursor ke kolom id maka tampil source code yang menyatakan bahwa kolom pin atas merupakan  field Username dan yang dibawah Password.

Untuk kolom tersebut, saya sendiri masih belum bisa memastikan cara kerja nya. Namun dari analisis yang saya tangkap berdasarkan logikanya. Begini Cara Kerja SMS Penipuan MS Glow, Kedas Beauty dan Pertamina.

Pertama Korban mencoba untuk menginputkan Pin pada kolom tsb namun muncul notifikasi no pin salah atau lain lain. 

Kedua Korban mencoba menghubungi via WA / menelponnya langsung. Ketika korban menghubungi oktum tersebut, orang tsb akan  meminta kode pin yang ada di sms untuk mencari di database mereka. Lalu dari sana oknum mulai memberikan arahan-arahan agar korban mengikuti apa yang disuru oleh pelaku.

Disini yang saya khawatirkan si korban disuru untuk menginputkan email dan password pada kolom pin website penipuan tadi. Ketika korban menginput email dan password hasilnya akan tetap sama muncul keterangan salah dan sebagainya.

Saya khawatir kolom tersebut sudah dipasang script yang tujuannya ketika korban mengisi kolom tersebut maka data korban email dan password yang diinput akan masuk ke database pelaku sehingga dengan cepat pelaku melakukan hack pada email korban. Atau yang lebih parahnya mungkin data-data seperti banking, sosmed, dan lainnya yang menggunakan email tersebut.

Dari situ kalian sudah menjadi korban penipuan sms giveaway ms glow. Mungkin bagi orang awam ketika sudah mengisi form tersebut tidak terjadi apa-apa namun kita tidak tau kedepannya nanti karena pelaku sudah mendapatkan username dan password korban.

So, buat kalian yang masih mendapatkan SMS Undian Berhadiah yang mengatasnamakan Ms Glow, Kedas Beauty, Pertamina dan perusahan besar lainnya. Mohon untuk berhati-hati jangan mudah untuk percaya. Pelaku diluar sana sangat bebas karena sulit untuk melapor kejahatan seperti ini.

Tetap Waspada dan Stay Safe sobat blogger.

Update Video Bagaimana Username dan Password Kalian Dicuri dari sms giveaway ms glow :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *