Penyebab Hasil Foto Kurang Tajam

By | January 20, 2021

Hasil Fotomu kurang tajam? Pernah ga kalian ketika foto tampilan di layar LCD terlihat bagus, namun pada saat proses editing ternyata foto kurang tajam atau blur. Berikut ini beberapa penyebab foto mu kurang tajam.

fotografer memegang kamera, tips membuat foto tajam
Background photo created by freepik – www.freepik.com

1. Salah Titik Fokus

Salah menentukan titik fokus pada kamera membuat objek yang menjadi Point Of Interest (POI) menjadi blur atau tidak tajam. Sebaiknya kamu perhatikan titik fokus sebelum mengambil gambar agar tidak terjadi miss fokus.

2. ISO Tinggi

ISO tinggi juga dapat membuat objek menjadi tidak tajam karena noise yang mengganggu. Apalagi jika kamu menggunakan kamera DSLR kelas pemula. Biasanya jika kamu menggunakan ISO diatas 800 noise sudah sangat mengganggu di kamera entry level. Sebaiknya gunakan bukaan besar untuk mengurangi ISO.

3. Shutter Speed Lambat

Ketika kamu foto objek menggunakan shutter speed diatas 1/10 sebaiknya gunakan tripod agar kamera  kamu tetap stabil. 

4. Pegang Kamera

Memegang kamera juga dapat mempengaruhi hasil foto. Karena salah pegang posisi kamera membuat kamera mudah goyang ketika foto menggunakan tangan. Sebaiknya berlatih untuk mendapatkan posisi yang stabil untuk memoto.

5. Sensor/Lensa Berjamur

Jamur juga menjadi peyebab hasil gambar tidak tajam. Rawatlah kamera dan lensa kamu sebaik mungkin agar terhindar dari jamur.
Itu beberapa kodisi yang membuat hasil fotomu kurang tajam. Kamu bisa terus berlatih untuk dapat menghasilkan foto yang tajam dengan kamera yang kamu punya. Maksimalkan peralatan yang kamu punya untuk mendapatkan hasil foto yang tajam.

Tips Membuat Foto Lebih Tajam

1. Letakkan titik fokus yang tepat, misalnya jika foto manusia atau hewan lettakan titik fokus di mata.
2. Gunakan shutter speed yang memadai agar gambar tidak kabur.
3. Carilah sweetspot lensa yang kamu miliki.
4. Gunakan ISO serendah mungkin
5. Pakai tripod dan gunakan timer untuk membuat foto dengan Shutter speed lambat dan ISO tinggi.
6. Gunakan fitur Stabilizer di lensa jika ada.
7. Berlatih cara pegang kamera.
Itu beberapa tips untuk membuat foto lebih tajam. Karena untuk mendapatkan gambar yang baik kamu harus sering berlatih. Kamu juga harus menguasai kamera yang kamu gunakan. So, hasil foto yang kurang tajam dapat kamu jadikan pengalaman kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *