Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Perlu Diketahui
Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Perlu Diketahui

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Perlu Diketahui

72 views

Catatansopandi.com – Kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang begitu populer di Indonesia. Biasanya, masyarakat kerap menjadikan daun kemangi sebagai lalapan atau pelengkap dalam sajian masakan. Rasanya yang unik dan segar, membuat daun ini dianggap mampu membangkitkan selera makan.

Tidak hanya memiliki cita rasa unik, daun kemangi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Daun kemangi segar dinilai mengandung air, protein, karbohidrat, protein, dan nutrisi penting lainnya yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

taboola mid article

Kendati demikian, daun kemangi yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Untuk itu, ada baiknya daun kemangi dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Lantas, apa saja manfaat dan efek samping daun kemangi untuk kesehatan? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Healthline.

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi, Perlu Diketahui

Sejak dulu, daun kemangi sudah dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan, di antaranya:

Salah satu manfaat daun kemangi untuk kesehatan, yaitu mencegah kanker kanker. Sebuah studi diterbitkan dalam Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa kemangi mengandung phytochemical, yang dapat membantu mencegah kanker secara alami, termasuk kanker kulit, hati, kanker mulut dan paru yang disebabkan oleh bahan kimia.

Kemangi mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, secara positif yang mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya) dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menjaga kesehatan jantung. Daun ini dapat membantu otot-otot yang mengontrol fungsi pembuluh darah untuk berkontraksi dan rileks dan meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Manfaat kemangi, yaitu memiliki kemampuan untuk membantu mencegah agregasi trombosit berbahaya yang menyebabkan jantung berhenti.

Akhir Kata

Mungkin itulah beberapa informasi yang sudah di ulas di atas, semoga dengan informasi ini dafat membantu kalain yang sedang mencari informasi manfaat daun kemangi.

Gallery for Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.