Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah
Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah

Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah

8 View

Catatans0pand1.com – Halo sobat kembali lagi dengan saya, pada kesempatan ini saya akan kembali membahas sebuah berita terbaru, yaitu sebuah video Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah.

Diuanggah oleh salah satu akun yang bisa kalian lihat disini, memperlihatkan video yang menampilkan uang kertas habis dimakan rayap viral di media sosial. Video viral tersebut diunggah pada Selasa (14/9/2022).

Dalam video tersebut, terlihat lembaran uang kertas yang diletakkan di dalam kardus tampak bolong dan rusak. “Uang puluhan juta milik penjaga SDN Lodjiwetan Solo ludes dimakan rayap” ,tulis oleh pengunggah dalam videonya.

Dikutip dari beberapa sumber, bahwa pemilik uang itu adalah Samin (53), penjaga sekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri Lojiwetan Nomor 49, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Uang itu rencananya digunakan dia, istrinya, dan kedua anaknya untuk menunaikan ibadah haji. Namun, kini sebagian dari uang tersebut sudah raib dilahap rayap.

Samin mengaku telah mengumpulkan uang tersebut dari hasil jualan makanan ringan di kantin sekolah selama 2,5 tahun. Total uang yang terkumpul diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Hingga, Kamis (15/9/2022), video itu telah dikomentari oleh lebih dari 200 warganet dan disukai sebanyak 2.343 akun.

Kronologi Viral Uang di Makan Rayap

Masih dikutip dari sumber terpercaya kronologi kejadian Uang di Makan Rayap, Samin mengetahui bahwa uang tabungannya raib dimakan rayap setelah dia dan istrinya berinisiatif untuk membongkar celengannya karena sudah penuh.

Kedua celengan itu berwarna hijau dan ungu. Uang yang disimpan di celengan warna hijau kondisinya sudah rusak dan tidak lagi utuh. Total uang tiu diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

Sementara itu, uang yang tersimpan di celengan ungu juga dimakan rayap meskipun sebagian besar masih utuh. Berdasarkan hasil penghitungan jumlah uang itu sekitar Rp 49,8 juta.

Jika ditotal, jumlah uang di kedua celengan itu mencapai Rp 100 juta. Selama ini Samin menabung mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per hari. Dia merasa lebih mudah menyimpan uangnya ke dalam celengan pribadinya. “Kita cuma dapatnya sedikit.

Apakah uang rusak bisa ditukar? Penasaran dengan penjelasan dari pihak Bank Indonesia? Mari simak dibawah ini sampai selesai.

Apakah uang rusak di makan rayap bisa ditukar?

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan, Bank Indonesia (BI) akan mengganti uang masyarakat yang rusak apabila uang tersebut diakui keasliannya dan luas uang itu minimal harus 2/3 dari ukuran aslinya.

Artinya, dalam kasus yang dialami Samin itu, Joko memastikan bahwa Bank Indonesia akan mengganti uang yang rusak apabila ukurannya memenuhi syarat, yakni 2/3 dari ukuran sebenarnya.

Oleh karena itu, Nugroho menganjurkan agar Samin menyusun uang tersebut untuk memastikan apakah masing-masing lembar uang itu bisa ditukar. “Langkah yang pertama harus dilakukan adalah harus menyusun uang ini, terus kemudian nanti diukur apakah dia 2/3 atau tidak,” ungkapnya. Adapun syarat-syarat yang harus di penuhi agar uang tersebut bisa ditukar.

Syarat – syarat penukaran uang rusak dimakan rayap

Dikutip dari lama Bank Indonesia langsung, berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi agar uang rusak dimakan rayap bisa ditukar.

Ketahui Juga:

1. Uang Rupiah Kertas

Syarat yang harus dipenuhi yaitu, Fisik uang rupiah kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya. Ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya. Jika tidak memenuhi syarat tersebut maka uang tidak dapat ditukar.

2. Uang Rupiah Logam

Syarat yang harus dipenuhi terkait uang rupiah logam juga sama dengan syarat uang rupiah kertas, Fisik uang rupiah kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya. Ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya. Jika tidak memenuhi syarat tersebut maka tidak bisa ditukar.

Demikian pembahasan saya terkait Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah yang bisa disampaikan kepada kalian semua.

Jika kalian masih merasa penasaran dengan informasi ini, maka kalian bisa mampir ke website resmi kami catatansopandi.com, disana kalian dapat menemukan banyak sekali berita viral dan terbaru tentunya.

Gallery for Viral Uang di Makan Rayap Hingga Puluhan Juta Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.